Rabu, 08 Februari 2012

Berjalan Jinjit


Diusianya 10 bulan, kami sekeluarga belum melihat adanya tanda tanda putri bungsuku akan berjalan jinjit, masuk umurnya 11 bulan waktu Intan si kecilku mulai belajar berjalan dengan tertatih tatih nampaklah tanda dia berjalan jinjit. Awalnya tidak mengganggu pikiran kami karena banyak yang bilang nanti kalau umurnya udah setahun dengan sendirinya akan hilang.

Ternyata tidak begitu adanya sampai umurnya 3 tahun putri kecilku masih berjalan jinjit, walaupun persentase jinjitnya sudah jauh berkurang. Kami berharap semakin besar Intan dengan tumbuh kembang fisik maupun mentalnya maka jalan jinjit itu tidak melekat pada kebiasaan si Ratu kecilku.

Sebenarnya banyak hal yang kami lakukan untuk mencari tau apa, mengapa dan bagaimana mengatasi jalan jinjit bagi anak berusia dini seperti Intan. Antara lain mencari teman yang punya anak dengan kebiasaan jalan jinjit dan kami mengkonsultasikan pada ''dokter anak'' dimana menurut beliau penyebab jalan jinjit itu adalah akibat menggunakan Baby Walker. Saya tidak/belum setuju atas pendapat beliau, karena pada waktu bersamaan kami mempunyai dua orang ponakan yang umurnya sebaya dengan Intan, toh mereka tidak berjalan jinjit walaupun menggunakan Baby Walker.

Alhamdulillah dengan perlahan lahan kepada Intan kami beri pengertian, mengajak dia melihat perbandingan dengan teman lainnya, mengingatkanya apabila dia berjalan jinjit. Diwaktu menjelang tidur saya mengusap kakinya sambil berdo'a memohon kehadirat Allah WST agar kami dapatkan solusi dan memahami arti semua ini. Ternyata itu membuahkan hasil dan terjadi perubahan yang cukup berarti.

Bilamana bapak/ibu punya persoalan yang sama seperti apa yang saya alami mari kita berbagi, mungkin tumbuh kembang anak kita dapat kita pantau secara cermat. Saya tidak ahli tentang hal tersebut, tapi paling tidak tentu ada faktor " X '' yang menyebabkan hal itu terjadi dan tentu pula akan ada akibatnya. Mari kita berbagi.

3 komentar:

  1. dulu waktu anak saya kecil juga suka berjinjit-jinjit, tapi saat beranjak besar kebiasan nya itu hilang dengan sendirinya. Coba untuk cari second opinion ke Dokter lain, soalnya kalo jinjit nya terus menerus di khawatirkan ada kelainan di telapak kakinya.

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga yaa. Benar bu, pelahan lahan saya melihat ada perubahan pd anak saya walaupun agak lambat, saya berharap mudah2an si Intan kecilku akan berjalan selayaknya orang lain. Makasih udah berbagi rasa, oiya... tentang pantun itu sebenarnya saya juga baru belajar hee hee heeee, mencoba merangkai kata2 kalau udah terasa enak baru dituangkan.

    BalasHapus
  3. ayoo Intan, semangat yaaa belajar jinjitnya.
    gpp Mbak, ponakanku juga gitu wktu itu. katanya klo ada salah satu yg lambat berarti ada perkembangan lain yg jauh lebih cepat, misalnya lebih cepat ngomongnya :) *Ouppss koq jadi kayak soktahu gini yak, xixiix

    ayoo Intan semangat ya sayang ;)

    BalasHapus